Thursday, March 12, 2015

Konsep Dasar Bisnis Minimarket - Poin 1 : Penanganan Sumber Daya Manusia

Melanjutkan edisi sebelumnya tentang 11 poin dasar mendirikan atau menjalankan bisnis ritel modern, kali ini saya coba berbagi tentang poin pertama yaitu Penanganan Sumber Daya Manusia. Seringkali kita mendengar keluhan dasar dari pebisnis ritel modern tentang belum memiliki SOP (Standard Operational Procedure) yang dianggap baik. Sebenarnya ini adalah ungkapan yang kurang tepat untuk diucapkan. Tidak akan mungkin sebuah bisnis berjalan tanpa cara atau aturan dasar. Sebuah usaha atau bisnis yang akan dibangun atau yang sudah berjalan pasti memiliki cara atau aturan dasar, hanya saja apakah cara atau aturan dasar itu baik dan benar atau belum.
Sebenarnya pebisnis khususnya pebisnis ritel minimarket dalam bahasan ini sudah memiliki cara kerja atau aturan kerja dasar, hanya saja mereka memerlukan pengecekan yang baik dan benar cara kerjanya tersebut. Nah saat ini saya akan bertanya kepada anda, apakah anda sudah memiliki SOP dasar tentang Sumber Daya Manusia dalam bisnis ritel anda ?. Jika sudah, apakah sudah baik dan benar ?. Apakah perlu
perbaikan atau perombakan total untuk SOPnya. Untuk itu mari kita perhatikan Penanganan Sumber Daya Manusia pada bisnis ritel modern :
  1. Struktur Organisasi
  2. Rekrutmen
  3. Pembentukan Budaya Perusahaan
  4. Performance Review
 Nah, dari 4 poin itu apakah sudah benar anda terapkan dalam bisnis ritel anda ?. Mungkin di benak kita itu hal yang mudah atau biasa. Tetapi sebenarnya berjalan atau tidaknya, maju dan berkembangnya bisnis ritel modern kita sangatlah bergantung kepada Sumber Daya Manusia. Seringkali SDM merupakan masalah yang selalu dihadapi di dunia bisnis.
Struktur Organisasi yang tidak tepat, baik dan benar terkadang menjadi kendala bagii pebisnis untuk menentukan maju atau tidak bisnisnya. Terkadang struktur organisasi dianggap tidak penting oleh pemilik bisnis, dikarenakan itu hanyalah tulisan di atas kertas. Kurang tepat jika itu jawabannya. Struktur organisasi ini langkah dasar untuk menentukan bagaimana, apa, siapa, dimana dan kapan struktur itu akan difungsikan jika terbentuk dengan baik dan benar. Konsultasikan dengan orang yang tepat untuk membentuk struktur organisasi anda dengan baik dan benar sesuai dengan kebutuhan bisnis anda agar apa yang anda harapkan bisa berjalan dengan baik.
Rekrutmen, tidak kalah pentingnya rekrutmen anda lakukan dengan cara yang baik dan benar pula. Setelah Struktur Organisasi sudah anda sepakati terbentuk sesuai dengan kebutuhan bisnis anda, lakukan rekrutmen dengan pola yang baik dan benar pula, tidak hanya sekedar mendapatkan pekerja yang bisa di gaji melainkan karakter individunya juga harus diperhatikan agar struktur yang sudah kita bentuk bisa sesuai dan berjalan. Banyak pola rekrutmen yang harus dijalankan demi mendapatkan hasil yang terbaik.
Pembentukan Budaya Perusahaan, tujuan dari pembentukan budaya perusahaan ini tidak lain untuk menjadi panduan bagi semua orang yang terlibat dalam organisasi anda memiliki pola pikir, pola rasa dan pola tindakan sehingga terjadi keselarasan dan keseimbangan di dalam organisasi untuk mencapai sasaran yang diharapkan. Terkadang hal ini dianggap tidak penting, ternyata pembentukan budaya dalam usaha sangat menentukan. Pembentukan terjadi bisa  dbentuk oleh pemimpin atau dibentuk oleh karyawan. Nah jika budaya dibentuk oleh pemimpin itu hal yang baik, namun jika budaya usaha terbentuk oleh karyawan tanpa "teladan" yang patut diikuti, itu bisa menimbulkan masalah. Maka dari itu, yakinkan budaya apa yang akan dibentuk, lalu terapkan perlahan-lahan tidak dengan instant.
Performance Review, poin terakhir ini penting menjadi penutup untuk konsep dasar Penanganan Sumber Daya Manusia pada bisnis kita. Lakukan evaluasi dengan baik dan benar terhadap performance orang-orang yang berada pada organisasi kita. Lakukan dengan tahapan-tahapan yang tepat. Buat suatu pedoman yang menjadi dasar penilaian bagi para karyawan bukan asal nilai, suka atau tidak suka dan lainnya. Tapi buat poin-poin yang memang menjadi bagian dari tugas dan tanggung jawabnya secara rutin lalu lakukan penilaian dengan jangka waktu tertentu untuk evaluasi.
Demikian pembahasan singkat dan dasar, masih butuh banyak pengembangan untuk lebih detailnya dalam pelaksanaan. Jika anda membutuhkan bantuan silahkan diskusi dengan saya. Semoga saya dapat membantu anda dalam permasalahan bisnis anda. Salam Dahsyat....

No comments:

Post a Comment

Silahkan Isi Friends